Masa Musim Libur Sekolah Juni-Juli, Kunjungan Wisatawan di Baturraden Naik 40 Persen

Minggu 21-07-2024,16:55 WIB
Reporter : Dimas Prabowo
Editor : Ali Ibrahim

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kunjungan wisatawan di Lokawisata Baturraden mengalami peningkatan signifikan hingga 40 persen selama musim libur sekolah. Peningkatan ini mulai terasa sejak bulan Juni dan berlanjut hingga Juli 2024.

Pengelola Lokawisata Baturraden Agus Riyanto mengatakan, lonjakan jumlah pengunjung dimulai sejak bulan Juni. 

“Sejak awal tahun hingga awal bulan Juni, kunjungan wisata ke Lokawisata Baturraden cenderung stabil yaitu kisaran 400-an orang pada hari biasa dan sekitar 2.000 pengunjung pada akhir pekan," jelas Agus pada Minggu (21/7).

BACA JUGA:Kadindik: Jangan Ada Perpeloncoan Siswa Baru Saat MPLS

Agus juga menambahkan, memasuki bulan Juni, kunjungan meningkat, termasuk kunjungan pada hari biasa, rata-rata di atas 1.000 wisatawan. 

Bahkan pada hari biasa, jumlah pengunjung yang biasanya berkisar antara 400-500 orang, meningkat menjadi lebih dari 1.000 pengunjung. 

Sementara itu, pada akhir pekan, kunjungan yang biasanya berkisar 2.000 wisatawan, meningkat menjadi di atas 3.000 pengunjung. Faktor utama yang menyebabkan peningkatan kunjungan ini adalah musim libur sekolah. 

BACA JUGA:Jumlah Formasi Rekrutmen ASN CPNS dan PPPK Diklaim Tidak Berubah

Selain itu, banyaknya event yang digelar di Kabupaten Banyumas turut mendongkrak angka kunjungan. Meskipun event-event yang terpusat di Kota Purwokerto tidak terlalu signifikan menyumbang peningkatan kunjungan. Beberapa event yang digelar di kawasan Baturraden cukup signifikan meningkatkan jumlah wisatawan.

Peningkatan kunjungan juga dipengaruhi oleh adanya penambahan wahana baru di Lokawisata Baturraden, seperti Safari Mini yang menampilkan puluhan koleksi burung. 

“Hampir semua wahana di Lokawisata Baturraden dipadati pengunjung, mulai dari kolam renang, waterboom, sepeda air, Taman Sendang Mulya, dan lainnya,” tambah Agus Riyanto.

BACA JUGA:Anak Perempuan Hilang di GOR Goentoer Darjono Purbalingga, Berhasil Ditemukan Polisi

Akan tetapi, peningkatan ini tidak seperti musim liburan tahun-tahun sebelumnya, karena kunjungan ke Lokawisata Baturraden tahun ini sedikit terdampak oleh larangan berwisata bagi sekolah-sekolah akibat kecelakaan yang menimpa rombongan study tour di Subang beberapa waktu lalu. 

“Biasanya kalau musim libur sekolah, banyak rombongan bus anak-anak sekolah, tetapi kali ini tidak ada. Jadi lebih banyak rombongan keluarga yang berwisata,” kata Agus Riyanto.

Pada tahun ini, Lokawisata Baturraden ditargetkan mendatangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 10,1 miliar. Hingga pertengahan tahun ini, sudah tercapai Rp 4,5 miliar. Pihak pengelola optimis akan mampu memenuhi target PAD, mengingat masih ada waktu 5 bulan ke depan, termasuk libur akhir tahun.

Kategori :