6 Penyebab Motor Listrik Kurang Bertenaga di Tanjakan

Senin 22-07-2024,06:23 WIB
Reporter : Oktaliana Listia
Editor : Susi Dwi Apriani

Jika motor memuat barang atau penumpang tambahan, beban tersebut akan meningkatkan kebutuhan tenaga motor saat mendaki tanjakan.

Memastikan bahwa beban yang dibawa sesuai dengan kapasitas motor dapat membantu meningkatkan performa saat menghadapi tanjakan.

BACA JUGA:Jangan Asal! 10 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Model Motor Listrik

BACA JUGA:6 Keunggulan Motor Listrik Tromox MC10, Motor Off Road dengan Kecanggihan Fitur NFC

5. Pengaturan dan Kalibrasi Motor

- Kalibrasi Motor: Sistem kontrol motor yang tidak dikalibrasi dengan benar mungkin tidak dapat mengoptimalkan daya yang tersedia untuk menghadapi tanjakan.

- Pengaturan Sistem Manajemen Baterai: Sistem manajemen baterai (BMS) yang tidak berfungsi dengan baik dapat mempengaruhi distribusi daya dari baterai ke motor.

Jika BMS tidak dapat mengelola daya dengan efisien, performa motor, terutama saat menghadapi tanjakan, dapat terpengaruh.

Memastikan bahwa BMS berfungsi dengan baik dan sesuai dengan spesifikasi motor dan baterai adalah hal penting untuk menjaga performa motor.

6. Suhu Operasional dan Pendinginan

- Pengaruh Suhu Terhadap Performa: Suhu operasional motor dan baterai dapat mempengaruhi performa motor listrik.

Suhu yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat mempengaruhi efisiensi daya dan torsi motor.

Sistem pendinginan yang tidak memadai dapat menyebabkan motor dan baterai menjadi terlalu panas, yang pada gilirannya dapat mengurangi performa motor, terutama saat menghadapi tanjakan.

- Sistem Pendinginan: Beberapa motor listrik dilengkapi dengan sistem pendinginan untuk menjaga suhu operasional tetap stabil.

Memastikan bahwa sistem pendinginan berfungsi dengan baik dan tidak mengalami gangguan adalah penting untuk menjaga performa motor, terutama dalam kondisi berkendara yang menuntut seperti mendaki tanjakan.

BACA JUGA:Detail Spesifikasi Motor Listrik Tromox Mino B, Trail Elektrik dengan Jangkauan 90 KM

Kategori :