Awas Kekerasan di Lingkungan Kerja OPD, Dinas Gelar Pelatihan Pencegahan

Rabu 17-07-2024,15:59 WIB
Reporter : Aditya Wisnu Wardana
Editor : Bayu Indra Kusuma

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Tidak hanya kekerasan kerja di pabrik atau tempat lainnya, kekerasan juga bisa terjadi di lingkungan kerja organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Purbalingga.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsosdalduk KB P3A) menggelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pegawai untuk Pencegahan Kekerasan di Lingkungan Kerja.

Pelatihan ini berlangsung di Operation Room Graha Adiguna, Kompleks Pendapa Dipokusumo Purbalingga, baru-baru ini, dan diikuti oleh seluruh Kepala OPD.

Plt Kepala Dinsosdalduk KB P3A, Agung Windiarto, menyampaikan bahwa kepala OPD memiliki peran strategis dalam menyelesaikan kasus-kasus kekerasan di lingkungan kerja mereka.

BACA JUGA:Ratusan GTT/PTT Purbalingga Bakal Berjuang Rekrutmen ASN PPPK

BACA JUGA:Rekrutmen ASN CPNS dan PPPK Masih Tunggu Petunjuk Kementerian dan BKN

"Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan edukasi kepada seluruh pimpinan OPD mengenai perundungan, kekerasan, dan intoleransi di lingkungan kerja," tambahnya.

Selain itu, pelatihan bertujuan memberikan informasi terkait langkah-langkah penanganan terbaik jika terjadi kasus kekerasan di lingkungan kerja.

"Diharapkan tercipta lingkungan kerja yang aman, nyaman, dan bebas dari kekerasan bagi seluruh pegawai ASN di Pemerintah Kabupaten Purbalingga," ujarnya.

Menurut laporan dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), hingga saat ini belum ada laporan terkait kekerasan di lingkungan OPD.

BACA JUGA:Catat! Tahun Ini Pemkab Purbalingga Buka Rekrutmen 530 Formasi ASN CPNS dan PPPK

BACA JUGA:Diklat Pancasila ASN Jadi Prasyarat Kenaikan Pangkat

"Dengan pelatihan ini, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan untuk lebih mengenali dan memahami kekerasan, baik fisik maupun verbal, yang ada di lingkungan kerja," tegasnya.

Sekretaris Daerah Purbalingga, Herni Sulasti menegaskan bahwa kondisi umum disiplin ASN di lingkungan Pemkab Purbalingga sudah baik. Namun dia mengingatkan agar kepala OPD tetap menjaga kondusivitas kantor masing-masing.

"Saya mengingatkan untuk menjadi perhatian bersama, jangan menyepelekan walaupun itu adalah hal kecil, ini adalah tanggung jawab kita bersama," tegasnya.

Kategori :