1. Tekan Tuas Rem Belakang
- Ketika pengendara menekan tuas rem belakang, sistem CBS akan mengaktifkan rem belakang terlebih dahulu.
- Dalam sistem CBS, terdapat mekanisme tambahan yang akan mengirim sebagian tenaga pengereman ke rem depan meskipun hanya tuas rem belakang yang ditekan.
BACA JUGA:Terlihat Mewah! 7 Alasan Motor Matic Honda Stylo 160 Tetap Mencuri Perhatian
BACA JUGA:Yuk Simak! 5 Rekomendasi Motor Matic Second di Bawah 5 Juta yang Super Murah
2. Distribusi Tenaga Pengereman
- Setelah rem belakang diaktifkan, mekanisme CBS mendistribusikan tenaga pengereman ke rem depan melalui sistem hidraulis atau mekanis.
- Tujuan dari distribusi ini adalah untuk memastikan bahwa pengereman terjadi secara simultan pada kedua roda, sehingga meningkatkan stabilitas dan mengurangi risiko tergelincir.
3. Aktivasi Rem Depan
- Sebagian dari tenaga pengereman yang dikirim ke rem belakang akan diarahkan ke rem depan.
- Pada beberapa sistem CBS, proporsi tenaga pengereman yang diteruskan ke rem depan dan belakang bisa bervariasi tergantung pada desain dan pengaturan pabrik.
4. Pengereman Lebih Stabil
- Dengan kedua roda mengalami pengereman secara bersamaan, beban pengereman tidak hanya terpusat pada satu roda saja.
- Hal ini mengurangi risiko terkuncinya roda, terutama di permukaan jalan yang licin, dan memastikan pengereman yang lebih stabil dan aman.
BACA JUGA:5 Fitur Unggulan Motor Matic Kymco Like 150i
BACA JUGA:Hal-Hal yang Disukai dari Motor Matic Kymco Like 150i