Libatkan 1.500 Orang, Kilang Pertamina Cilacap Turut Pecahkan Rekor MURI Peragaan Pemadaman Kebakaran

Kamis 11-07-2024,18:59 WIB
Reporter : Julius Purnomo
Editor : Susi Dwi Apriani

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID -  Lebih dari 200 orang pekerja Pertamina, istri pekerja, dan mitra kerja di PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap terlibat dalam pemecahan rekor peragaan pemadaman kebakaran serentak terbanyak di Indonesia. Di Cilacap, kegiatan dipusatkan di komplek perumahan Pertamina (Komperta) Lomanis, Rabu (10/7/2024).

Pemecahan rekor yang dicatat oleh tim Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) ini merupakan agenda serentak seluruh unit di bawah PT KPI yang menargetkan 1.500 peserta.

Terdapat 200 drum yang telah diisi bahan bakar berjajaran di sepanjang Jalan Bakaran. Setiap peserta dibekali dengan karung basah untuk persiapan pemadaman api.

Petugas fire fighter dengan cepat menyalakan seluruh drum menggunakan obor. Selanjutnya, mengikuti arahan dari KPI, serentak seluruh peserta kompak memadamkan api bersamaan.

BACA JUGA:Sedekah Laut di Cilacap, Tujuh Jolen Dilarung ke Selatan Nusakambangan

BACA JUGA:KPU Cilacap Masih Petakan TPS di Lokasi Khusus untuk Pilkada Serentak 2024

General Manager Kilang Cilacap, Edy Januari Utama, Senior Manager Operation & Manufacuring (SMOM), Hermawan Budiantoro dan tim manajemen turut andil dalam kegiatan ini. "Hari ini rangkaian acara di Cilacap diikuti 213 peserta dari pekerja, mitra kerja dan istri pekerja," Ucap Edy.

Diharapkan, melalui pemecahan rekor MURI ini semakin meningkatkan kesiapsiagaan di lingkungan rumah tangga. “Tujuan dari Pemecahan Rekor MURI ini juga untuk mengedukasi para pekerja dan juga ibu-ibu khususnya ketika terjadi insiden di area rumah tangga ataupun sekitarnya," lanjut Edy.

Senada Pjs. Manager HSSE, Adi Firmansyah menyampaikan, selain pemecahan rekor MURI agenda ini juga menjadi komitmen perusahaan terhadap upaya menghadapi insiden kebakaran baik didalam area kilang ataupun di lingkungan masyarakat. "Kegiatan seperti ini penting untuk melatih reflek kesigapan saat menghadapi keadaan darurat," ujarnya.

Tercatat sebanyak 1.569 peserta dari seluruh unit KPI di Indonesia berpartisipasi dalam pemecahan rekor. Peragaan pemadaman kebakaran ini merupakan salah satu rangkaian acara peringatan International Fire Fighter’s Day (IFFD) 2024. (*/ads)

Kategori :