5000 Peserta Ramaikan Pawai Ta’aruf, Gebyar 1 Muharram 1446 H PCM se-Distrik Banyumas Barat

Senin 08-07-2024,18:12 WIB
Reporter : Admin
Editor : Ali Ibrahim

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sekitar 5 ribu warga Muhammadiyah di Wilayah Banyumas Barat meramaikan Pawai Ta’aruf menyambut 1 Muharram 1446 H, Sabtu (6/7). Para peserta yang berasal dari kader Muhammadiyah, Ormas dan Ortom serta Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) dari PC Muhammadiyah se-Distrik Banyumas Barat itu melakukan longmarch dari Lapangan Krido sariro Klapagading Kulon ke Kompleks Pondok Pesantren Modern Ar Roudhoh Wangon.

Ketua PC Muhammadiyah Wangon Sekaligus Ketua Panitia,  Samidi didampingi Sekretaris Panitia Gebyar 1 Muharram 1446 H PCM se-Distrik Banyumas Barat, Aris Septianto mengatakan, agenda Gebyar 1 Muharram tersebut sebetulnya merupakan agenda dari PDM Kabupaten Banyumas. Pelaksanaannya dilakukan di tiga distrik. Di wilayah Distrik Banyumas barat yang terdiri dari PCM Ajibarang, Cilongok, Gumelar, Jatilawang, Lumbir, Pandansari, Pekuncen, Purwojati, Rawalo dan Wangon, pelaksanaannya dipusatkan di Wangon.

“Harapan kami, kegiatan ini selain untuk memperingati dan memeriahkan Tahun Baru 1446 Hijriyah, juga dapat meningkatkan silaturahmi antar cabang. Adapun rangkaian Gebyar 1 Muharram ini terdiri dari Pawai ta’aruf yang diikuti 5000 peserta dari 10 cabang Muhammadiyah, bazar dengan menampilkan produk unggulan UMKM dari masing-masing cabang serta pengajian tabligh akbar dengan pembicara Dr KH Nurbani Yusuf MSi dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur,” tutur Samidi.

Samidi menjelaskan, pengajian tabligh akbar dipusatkan di komplek Ponpes Modern Ar Roudhoh sebagai upaya pengenalan ponpes modern tersebut kepada masyarakat. Dia menjelaskan, Ponpes Ar Roudhoh yang dirintis PCM Wangon itu telah siap menerima santri pada Tahun Pelajaran 2025/2026 mendatang. Ponpes yang berdiri di area seluas 145 sangga itu direncanakan memiliki bangunan 5 lantai. “Saat ini pembangunannya sudah sampai tahap pengecoran lantai 3,” imbuhnya.

Ponpes Ar Roudhoh siap mencetak kader-kader Muhammadiyah yang militant, yang memiliki wawasan keislaman dan ilmu-ilmu umum dengan program unggulan tahfidz dan qiroah.

“Tahun ini sedang menyelesaikan pembangunan ruang belajar, kantor, penginapan dan lainnya. Ponpes ini menerima santri setara SMP dengan jenjang ponpes dan jenjang regular,” tambahnya.(bdg)

 

Tags :
Kategori :

Terkait