Pengendara Wajib Tau ! Inilah Tanda Keausan Kampas Ganda Motor Matic

Selasa 28-05-2024,07:35 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

Dengan kata lain, bantalan sepeda motor matic atau bantalan ganda/kopling inilah yang menyalurkan tenaga untuk menggerakan sepeda motor matic.

Kampas ganda juga digunakan, yang menentukan akselerasi dan kenyamanan berkendara. Jika lapisan kopling sepeda motor matic sudah aus, maka mesin hanya akan mengeluarkan suara-suara aneh dan tidak lagi menghasilkan tenaga.

Saat kecepatan meningkat, gaya sentrifugal yang kuat bekerja pada lapisan ganda, mendorong rumah kopling ke atas. Hal ini memungkinkan sepeda motor matic untuk berakselerasi dan memperoleh tenaga melalui putaran mesin.

Fungsi bantalan ganda lainnya pada sepeda motor matic adalah untuk meningkatkan pengendalian saat perpindahan gigi dan melindungi transmisi dari kerusakan akibat perpindahan gigi yang tidak tepat.

BACA JUGA:Perhatikan Nih! 4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mengganti Oli Motor Matic

BACA JUGA:Masih Banyak Diminati, Inilah Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic Honda BeAT Karbu

 

 

Ada dua jenisnya, yaitu sepeda motor manual menggunakan kopling basah, dan sepeda motor matic menggunakan kopling kering.

Tentu saja harus dijaga agar tetap kering. Area CVT juga harus kering dan bebas dari kotoran, oli berlebih, dan kontaminan lainnya agar tidak tergelincir.

Tak heran jika sepeda motor kerap tergelincir saat melewati genangan air. Intrusi air ke dalam komponen CVT akan mengganggu pengoperasian dual liner dan komponen lainnya.

Tanda-tanda Keausan pada Kampas Ganda Sepeda Motor Matic

Kampas ganda juga memiliki umur terbatas dan dalam penggunaan normal. Kampas ganda dengan umur 24.000 km hingga 35.000 km biasanya akan menunjukkan keausan.

BACA JUGA:Catattt! Inilah Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Motor Matic Honda Stylo 160

BACA JUGA:5 Motor Matic Bermesin Besar dengan Performa Tinggi untuk Kenyamanan Berkendara

 

Kategori :