Antisipasi Kecelakaan Lalu Lintas, Petugas Gabungan di Banyumas Cek Bus

Minggu 19-05-2024,11:15 WIB
Reporter : Ahmad Erwin
Editor : Ali Ibrahim

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas dan mencegah terulangnya kecelakaan maut bus seperti yang terjadi di Kabupaten Subang Jawa Barat.

Petugas gabungan di Banyumas melakukan ramp check dengan mendatangi sejumlah perusahaan otobus (PO), Sabtu (18/5/2024). 

Kapolresta Banyumas, Kombes Pol Edy Suranta Sitepu, melalui Kasat Lantas Polresta Banyumas, Kompol Galuh Pandu Pandega Ferdiansyah mengatakan, ramp check tersebut dilaksanakan secara serentak di wilayah Jawa Tengah. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya laka lantas yang melibatkan bus. 

BACA JUGA:Peluncuran Pilkada 2024 di Banyumas Berjalan Sukses, Sayang Diwarnai Insiden di Penghujung Acara

"Ini sebagai bentuk untuk mengontrol bus-bus di tempat kita agar siap digunakan di jalan untuk melayani masyarakat," ungkapnya. 

Kasat Lantas menambahkan, kegiatan ini sudah dilakukan sejak beberapa hari terakhir, pasca kecelakaan rombongan SMK Lingga Kencana Depok di Jalan Raya Ciater Subang beberapa waktu lalu. 

"Ada empat PO bus yang telah kami periksa sebelumnya dan hari ini ada tiga PO bus yang dilakukan pengecekan," lanjutnya. 

BACA JUGA:8 Masalah Motor Matic yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya

Ketiga PO bus diperiksa yaitu PO Sinarmas, Kupu Ayu, dan Efisiensi.

"PO Sinarmas sudah mempunyai sertifikasi dari Kementrian Perhubungan. Sehingga kami berharap seluruh PO Bus di wilayah Banyumas juga sudah memiliki sertifikasi seperti yang dipunyai oleh PO Sinarmas. Sehingga bus dari mulai kesiapan berangkat, di jalan sampai ke pangkalan sudah ada SOPnya," jelasnya. 

Jika ditemukan pelanggaran, sanksi yang bisa dikenakan bervariasi, dari teguran hingga sanksi berat seperti penutupan PO.

BACA JUGA:10 Teknologi dan Fitur Canggih Motor Matic Terbaru untuk Meningkatkan Keselamatan Berkendara

"Ada sanksi baik pidana maupun teguran juga ada. Nanti kita cek kesalahannya dimana, baru bisa kita tentukan sanksinya seperti apa. Untuk sanksi penutupan PO kita harus koordinasikan dengan pihak lain, karena itu bukan wewenang kami," ujarnya.

Menurutnya, kegiatan ramp check ini merupakan bagian dari upaya preventif untuk menjamin keselamatan penumpang dan pengguna jalan lainnya, serta memastikan setiap armada bus yang beroperasi di wilayah Banyumas dalam kondisi layak jalan dan sesuai standar keselamatan.

Sementara itu, Kabid Angkutan dan Keselamatan Jalan Dinhub Kabupaten Banyumas, Pujar Seno menjelaskan, ramp check rutin biasanya dilakukan menjelang libur lebaran Natal dan Tahun Baru. 

Kategori :