Perlu Tahu Nih! 6 Faktor Penyebab Ban Motor Tiba-Tiba Kempis

Jumat 10-05-2024,20:10 WIB
Reporter : Dhani Dwi
Editor : Susi Dwi Apriani

Oleh karena itu, penting untuk secara rutin memeriksa kondisi katup ban dan memastikan bahwa tidak ada kebocoran atau kerusakan pada katup. 

Jika ditemukan masalah pada katup, segera lakukan perbaikan atau penggantian katup untuk mencegah kemungkinan ban kempis secara tiba-tiba dan menjaga kinerja ban dalam kondisi optimal.

BACA JUGA:Simak Nih! 7 Tips Cerdas Mencegah Motor Matic Mogok di Jalan

BACA JUGA:Mengapa Mengganti Oli Motor Matic Dengan Minyak Goreng Bisa Berbahaya? Ini Jawabannya

5. Sirkulasi Panas yang Berlebihan 

Sirkulasi panas yang berlebihan di dalam ban bisa menjadi faktor penyebab ban motor matic yang kempis secara tiba-tiba.

Pada beberapa kasus, saat melakukan perjalanan jarak jauh atau berkendara dengan kecepatan tinggi dalam waktu lama, suhu ban bisa meningkat secara signifikan.

Peningkatan suhu ini dapat menyebabkan tekanan udara dalam ban meningkat secara drastis, yang pada gilirannya bisa menyebabkan ban kempis tiba-tiba.

Sirkulasi panas yang berlebihan dalam ban bisa terjadi karena beberapa faktor, termasuk gesekan antara ban dan permukaan jalan, beban berlebihan pada ban, atau kurangnya sirkulasi udara di sekitar ban. 

Untuk mencegah sirkulasi panas yang berlebihan, penting untuk memastikan bahwa ban dalam kondisi baik dan tekanan udara dalam batas yang direkomendasikan oleh pabrikan. 

6. Usia Ban dan Kualitas Bahan

Usia ban dan kualitas bahan juga merupakan faktor penting yang dapat menyebabkan ban motor matic kempis secara tiba-tiba. 

Ban yang sudah tua atau terbuat dari bahan yang kurang berkualitas memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami kebocoran atau kerusakan yang bisa menyebabkan kempis tiba-tiba.

Seiring waktu, karet pada ban akan mengalami penuaan dan menjadi lebih rentan terhadap retakan atau kebocoran. 

Ban yang sudah melewati batas usia pemakaian yang direkomendasikan oleh pabrikan juga cenderung memiliki kualitas yang menurun dan lebih rentan terhadap kerusakan.

Selain itu, kualitas bahan pembuatan ban juga mempengaruhi ketahanan dan kekuatan ban terhadap tekanan udara dan keausan.

Kategori :