Perhatikan! Inilah 4 Jenis Ban Depan yang Digunakan Pada Motor Listrik

Kamis 09-05-2024,16:51 WIB
Reporter : Indah Citra
Editor : Bayu Indra Kusuma

2. Ban Radial

Ban radial, atau radial-ply tire, memiliki konstruksi yang berbeda dari ban bias, di mana lapisan kabel di dalamnya disusun secara radial dari pusat ban. 

Ban radial memiliki ciri khas dinding samping yang lebih lebar dan memiliki kinerja yang lebih baik dalam hal traksi, pengereman, dan kestabilan pada kecepatan tinggi. 

BACA JUGA:Jangan Khawatir Salah Jalan, Motor Listrik Alva Cervo Punya Fitur Navigasi

BACA JUGA:Istimewa! Motor Listrik Alva Cervo Dilengkapi Fitur Unggulan

Ban ini juga terbilang lebih efisien dalam hal konsumsi bahan bakar karena mengurangi gesekan dengan jalan.

Salah satu keunggulan utama dari ban radial adalah kenyamanan berkendara yang lebih baik karena kemampuannya untuk menyerap guncangan dan getaran dari jalan dengan lebih baik. 

Ban ini juga cenderung memiliki umur pakai yang lebih lama dan daya tahan terhadap keausan yang lebih baik dibandingkan dengan ban bias.

Namun, ban radial biasanya lebih mahal daripada ban bias dan mungkin memerlukan perawatan yang lebih cermat.

3. Ban Tubeless

Ban tubeless adalah jenis ban yang dirancang untuk digunakan tanpa tabung dalam. Ban ini memiliki dinding samping yang lebih kokoh dan diperkuat untuk mencegah kebocoran udara. 

BACA JUGA:Pahami! Inilah 6 Fungsi Klakson yang Terdapat Pada Kendaraan Motor Listrik

BACA JUGA:MENARIK! Begini Cara Sewa Motor Listrik Migo, Tarif Murah Hanya Rp3 Ribu Saja

Ban tubeless memiliki keuntungan dalam hal bobot yang lebih ringan, kemampuan untuk menahan tekanan udara yang lebih tinggi, dan kemampuan untuk mengatasi kebocoran kecil.

Keuntungan lain dari ban tubeless adalah kemampuannya untuk memberikan stabilitas yang lebih baik pada kecepatan tinggi dan performa pengereman yang lebih baik karena minimnya gesekan antara ban dan tabung dalam. 

Namun, perbaikan ban tubeless yang rusak mungkin memerlukan peralatan khusus dan keterampilan khusus, sehingga biaya perawatannya mungkin lebih tinggi daripada ban dengan tabung dalam.

Kategori :