Honda

Spensa Kedungbanteng Gelar Expo, Hasil Kreasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Spensa Kedungbanteng Gelar Expo, Hasil Kreasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Spensa Expo yang merupakan projek P5 kelas VII juga diapresiasi oleh pengunjung seluruh siswa kelas VIII dan IX.-Titi untuk Radarmas-

PURWOKERTO - Mengakhiri kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), pada Jumat (23/9) SMPN 1 Kedungbanteng menggelar Expo.

P5 adalah kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai profil Pelajar Pancasila. 

Bertemakan "Gaya Hidup Berkelanjutan" projek pertama berjudul "Sampahku Tanggungjawabku" dengan tujuan peserta didik memiliki kesadaran menjaga lingkungan melalui upaya mengurangi sampah, berperilaku memilah dan membuang sampah pada tempatnya, dapat mengolah sampah melalui 3 R (Reduce, Reuse, Recycle) serta menjadi gaya hidup berkelanjutan.

Kegiatan baru dalam Kurikulum Merdeka ini berjumlah 90 jam pertemuan, dimulai dengan tahap pengenalan, kontekstualisasi, aksi nyata, refleksi dan tindak lanjut. Adapun aksi nyata dalam projek P5 berupa memilah sampah, mengurangi sampah dengan "ini wadahku mana wadahku" saat jajan di kantin, membuat dan memanfaatkan kompos dan botol plastik untuk menanam, pembuatan poster kampanye Sampahku Tanggungjawabku, mading juga hasta karya.

Hasta karya dari limbah sampah oleh siswa dibuat menjadi tas, rak buku, kotak pensil, tempat tissue, vas,hiasan dinding, bunga, pigura, miniatur rumah adat, miniatur kapal dan berbagai bentuk lainnya.

Projek bertema gaya hidup berkelanjutan termasuk dalam dimensi Beriman Bertaqwa Terhadap Tuhan YME dan berakhlak mulia elemen akhlak terhadap alam, dimensi gotong royong elemen kolaborasi, dimensi bernalar kritis elemen memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, serta dimensi kreatif elemen memiliki keluwesan berpikir dalam mancari alternatif solusi.

Spensa Expo sebagai akhir kegiatan projek, dibuka langsung Kepala SMPN 1 Kedungbanteng, Hari Sri Raharjo, SPd MPd. Dalam sambutannya kepala sekolah mengapresiasi kegiatan projek dan berpesan agar peserta didik lebih terbiasa peduli lingkungan dengan mengurangi sampah, memilah dan membuang sampah ke tempatnya. 

"Jadikan itu bagian dari gaya hidup berkelanjutan. Projek P5 ini menguatkan program Adiwiyata dan sejalan dengan visi SMPN 1 Kedungbanteng yakni Religius, Berprestasi, Berbudaya dan Peduli lingkungan," pesannya.

Dilanjutkannya kegiatan Spensa Expo yang merupakan projek P5 kelas VII, diapresiasi oleh pengunjung seluruh siswa kelas VIII dan IX.

"Dengan cara menuliskan kesan pesan yang dituangkan di sticky note dan ditempel di papan apresiasi," pungkas Hari. (yda/rdr)

Sumber: