Jumlah Chromebooks Bantuan TIK Lebih Banyak Dibandingkan Bantuan Media Pembelajaran

Jumlah Chromebooks Bantuan TIK Lebih Banyak Dibandingkan Bantuan Media Pembelajaran

Ilustrasi Korwilcam Dindik Cilongok saat pengecekan bantuan Chromebooks yang diterima sekolah di GSM, Rabu (21/9).-Siti Zolaekha Kepala SDN Panambangan untuk Radarmas-

PURWOKERTO - Paket bantuan peralatan TIK yang diberikan pusat terdiri dari laptop Chromebook sebanyak 15 buah, wireless router Prolink, proyektor Viewsonic/ Infokus IN114XV, dan Connector VHD.

Untuk jumlah Chromebook yang diterima SD penerima bantuan TIK lebih banyak dibandingkan media pembelajaran.

Kabid Pembinaan SD Dindik Banyumas, Ichya Mahluqie, ST merinci untuk SD Negeri penerima bantuan TIK mendapat 15 Chromebooks sementara SD Negeri penerima bantuan media pembelajaran hanya lima Chromebooks.

"SD Negeri penerima bantuan TIK ada 57 sekolah dan bantuan media pembelajaran lebih banyak 79 sekolah," katanya.

Dipastikannya terkait Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2018 Tentang Pemberdayaan Industri yang menyatakan bahwa produk yang telah mencapai nilai 40 persen dari penjumlahan nilai TIngkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan BMP sebesar 40 persen dengan nilai TKDN minimal 25 persen bisa digunakan di dalam negeri, dalam pemberian bantuan DAK TIK dan media pembelajaran SD Negeri Chromebook dua merek TKDNnya sudah memenuhi syarat.

"Sudah diatas 40 persen," ungkapnya.

Adapun penggunaan Chromebooks di sekolah hal tersebut diserahkan kepada sekolah masing-masing. Baik siswa maupun guru bisa memanfaatkannya. 

"Mau dibawa ke rumah atau dipakai di sekolah prinsipnya bantuan bisa dipakai untuk membantu pembelajaran siswa atau memperlancar guru menyelesaikan tugas," pungkas Luki. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: