'Cilacap In Fashion' Wadah Bagi Desainer Batik Lokal Untuk Tingkatkan Karya

'Cilacap In Fashion' Wadah Bagi Desainer Batik Lokal Untuk Tingkatkan Karya

Desainer lokal Cilacap ambil bagian dalam gelaran Cilacap In Fashion yang diinisiasi oleh Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (DPKUKM) Kabupaten Cilacap di Fave Hotel, Selasa 23 Agustus 2022.-JULIUS/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Pemerintah Kabupaten CILACAP melalui Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM ( UKM) menggelar acara fashion show dengan tajuk CILACAP In Fashion yang dilaksanakan di Fave Hotel CILACAP, Selasa 23 Agustus 2022.

Dalam keterangannya Kepala DPKUKM Cilacap Umar Said mengatakan tujuan diadakan acara tersebut adalah mengakomodir para pelaku UMKM serta para perancang busana batik untuk lebih meningkatkan karya nya agar bisa bersaing di level nasional dan internasional.

"Ini salah satu upaya untuk mendorong para pelaku UMKM khususnya batik untuk lebih meningkatkan karyanya agar bisa bersaing kemudian dalam rangka bangkitkan ekonomi pasca pandemi, " ujar Umar Said.

BACA JUGA:Truk Muatan Korek Gas Terguling di Bayeman Purbalingga

Menurutnya dengan mengambil tema "The Power Of Batik" merupakan moment untuk memberikan semangat bagi para desainer atau pengrajin batik untuk lebih menghasilkan nilai tambah bagi produknya.

"Ini untuk memberikan dorongan bagi para pengrajin batik untuk dapat menciptakan ciri khas produk batik asli Cilacap," kata Umar said.

Dalam gelaran tersebut 10 perancang busana asli Cilacap menampilkan karya terbaiknya untuk menggugah agar meningkatkan karya mereka hingga taraf nasional.

BACA JUGA:Kecamatan Wangon Penyumbang Kasus DBD Terbanyak di Kabupaten Banyumas

"Ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten untuk memperhatikan para pelaku UMKM agar lebih meningkatkan karya nya," ujar Erna Juliana pelaku UMKM di Cillacap.

Dalam gelaran tersebut para perancang busana menyuguhkan karya mereka yang sebagian besar didominiasi oleh karya batik lokal Cilacap, itu disesuaikan dengan tema yang diangkat yaitu "The Power Of Batik".

BACA JUGA:RTH Belum Dilengkapi CCTV, Belum Ada Alokasi Anggaran

"Ini menjadi wahana untuk menampilkan kreasi para pelaku industri batik serta UMKM sekaligus sebagai upaya memasyarakatkan seni budaya batik khas Cilacap," Pungkas Erna Juliana. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: