Honda

Pembangunan Puskeswan Belum Bisa Terlaksana dalam Waktu Dekat

Pembangunan Puskeswan Belum Bisa Terlaksana dalam Waktu Dekat

Ilsutrasi sapi -foto dok Banyumas Ekspres-

PURWOKERTO- Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) di Kabupaten Banyumas, saat ini ada di Cilongok dan Banyumas. Sempat direncanakan membangun Puskeswan di area perkantoran Dinas Perikanan dan Peternakan (Dikannak) Kabupaten Banyumas. Namun belum bisa terlaksana dalam waktu dekat.

"Masih jauh itu, karena perlu anggaran yang besar," ujar Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dikannak Kabupaten Banyumas, Jan Arijadi.

Dia menyampaikan, Puskeswan yang ada sekarang, bisa melayani hewan ternak. Tidak hanya hewan ternak yang sakit, tetapi juga untuk inseminasi buatan (IB) atau kawin suntik.

Kepala Dikannak Kabupaten Banyumas, Sulistiono mengatakan, jika dibangun Puskeswan, dibuat seperti klinik. Bisa melayani pengobatan hewan ternak dan kesayangan atau peliharaan. Dilengkapi dengan tenaga medis yang berkompeten.

"Bentuknya seperti klinik, ada dokternya, bisa melayani pengobatan hewan," katanya.

Untuk pembangunannya menyesuaikan anggaran yang ada. Belum bisa dipastikan kapannya. Sedangkan saat ini sedang fokus mencari lahan untuk pindahan Pasar Hewan Ajibarang. (ely)

Sumber: