Honda

Rumput Alun-alun Purwokerto Hanya Diinjak Satu Kali Dalam Setahun

Rumput Alun-alun Purwokerto Hanya Diinjak Satu Kali Dalam Setahun

Petugas pertamanan DLH Banyumas tengah merapikan rumput alun-alun Purwokerto (9/8/2022). Upacara peringatan hari kemardekaan RI di tahun ini kembali digelar di alun-alun Purwokerto, setelah sebelumnya selama dua tahun hanya dilakukan secara sederhana di h-Foto Dimas Prabowo/Radar Banyumas -

PURWOKERTO - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) memotong rumput di alun-alun Purwokerto. Selain itu merupakan kegiatan rutin, hal tersebut juga dilakukan dalam rangka persiapan upacara HUT RI ke 77. 

Kepala Bidang Pertamanan DLH Kabupaten Banyumas Puspa Wijayanti mengatakan pemotongan rumput memang rutin dilakukan 2-3 minggu sekali. 

"Namun ini salah satunya untuk persiapan upacara kemerdekaan," kata dia. 

Dia menambahkan, kedepannya, alun-alun Purwokerto menjadi tempat diberlangsungkannya upacara. Artinya, dalam satu tahun rumput alun-alun hanya diinjak satu kali saja.

"Memang upacara 17an ini kedepan akan gunakan alun-alun. Khusus untuk upacara. Itu arahannya," katanya. 

Dari sejak direnovasi, rumput alun-alun memang dilarang untuk diinjak. Pemkab Banyumas memberi ruang dengan memperlebar pedestrian alun-alun Purwokerto.

"Kalau hanya untuk sekedar upacara, dari segi teknis, asal diinjak sepatu dalam waktu kisaran satu dua jam, rumput akan segera tegak kembali," ujar dia. 

Berbeda dengan sebelumnya, saat semua masyarakat yang datang ditambah lagi tikar dari pedagang, itu membuat rumput mati. 

"Berulang setiap hari, maka rumput mati. Dan akhirnya gundul. Jadi baru mau tunas lalu, keinjak lagi," katanya.(mhd)

Sumber: