Risih Dibuntuti Pramuniaga, Toko Bedakan Keranjang
Toko kosmetik mengembangkan pelayanan bagi para pelangganya. Mereka menggunakan metode yang inovatif untuk menggaet konsumen “ introvert”. Dikutip dari Korea Boo, Selasa 29 Januari 2019, toko kosmetik itu bernama Inisfree. Di toko ini, ada dua warna label keranjang belanja, yaitu hijau dan oranye. Dengan warna yang berbeda, toko bisa tahu pelanggan mana yang memerlukan asistensi dan mana yang tidak. Keranjang berlabel hijau berarti “ saya bisa melakukan sendiri”. Nah, keranjang ini diperuntukkan bagi konsumen yang ingin memilih kosmetik sendirian. Sedangkan keranjang oranye ditujukan bagi konsumen yang tak keberatan dibantu oleh pramuniaga toko. Keranjang oranye berlabel “ saya memerlukan bantuan”. Tingginya standar kecantikan di Korea Selatan dan tekanan untuk menyesuaikan diri dengan standar kecantikan di sana, telah merambah toko kosmetik. Diperkirakan ada tiga karyawan yang “ membuntuti” setiap pelanggan. Malah, ada yang menganggap perhatian pramuniaga ini terlalu berlebihan. Dengan metode warna keranjang belanja, pelanggan bisa merasa lega ketika berbelanja. (*)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: