Dosen Universitas Amikom Latih Pemanfaatan Teknologi Tingkatkan Numerasi Siswa

Dosen Universitas Amikom Latih Pemanfaatan Teknologi Tingkatkan Numerasi Siswa

Siswa SMP Negeri 1 Kertanegara dilatih pemanfataan teknologi guna meningkatkan kemampuan numerasi di lab sekolah.-AMIKOM UNTUK RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Meningkatkan pemahaman numerasi dengan memanfaatkan teknologi agar kemampuan numerasi siswa meningkat, Dosen Universitas Amikom Purwokerto melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyatakat dengan memberi pelatihan pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan numerasi siswa SMP Negeri 1 Kertanegara, Purbalingga.

Ketua Tim Dosen, Retno Waluyo, S.Kom., M.MSI mengatakan permasalahan pada sebagian siswa SMP Negeri 1 Kertanegara terkait dengan numerasi diantaranya anak mengalami kesulitan dalam memahami konsep dasar Matematika yang lebih kompleks, seperti aljabar, geometri atau statistik.

Persoalan lainnya pada metode pengajaran numerasi yang digunakan guru cenderung monoton tanpa pemanfaatan teknologi. Dengan permasalahan-permasalahan tersebut maka diperlukan upaya untuk meningkatkan numerasi siswa yanh salah satu upaya dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi.

"Pelatihan kali ini bertujuan meningkatkan pemahaman numerasi siswa dengan memanfaatkan teknologi agar kemampuan numerasi anak meningkat," katanya.

Waluyo menjelaskan hilangnya minat atau motivasi siswa dalam belajar Matematika dapat disebabkan oleh persepsi bahwa Matematika sulit atau tidak relevan dengan kehidupan sehari-hari anak. Selama ini metode pengajaran yang monoton tanpa manfaatan teknologi dan kurangnya pelatihan bagi guru dalam mengajar Matematika yang menarik dan interaktif turut berpengaruh pada minat dan pemahaman siswa terhadap numerasi.

"Pemanfaatan teknologi seperti aplikasi Matematika atau perangkat lunak pembelajaran interaktif dapat membantu siswa untuk memahami konsep Matematika dengan cara yang lebih menarik dan interaktif. Begitupun guru juga dapat menggunakan alat bantu visual seperti manipulatif Matematika untuk membantu siswa memvisualisasikan konsep-konsep yang abstrak," teranh dia.

Paska pelatihan yang dilaksanakan bulan ini, dari Tim Dosen Universitas Amikom Purwokerto dilakukan dua kali evaluasi sebelum dan sesudah pelaksanaan kegiatan untuk mengetahui dampak dari pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan numerasi siswa.

"Numerasi sangat penting untuk dipelajari siswa SMP karena memiliki dampak yang signifikan dalam kehidupan sehari-hari seperti kemampuan problem solving, berpikir kritis dan kemampuan menerapkan konsep matematika dalam berbagai situasi," pungkas Waluyo. (yda/ads)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: