Fitur ISS Bisa Bikin Motor Matic Jadi Irit Bensin , Mitos atau Fakta ?

Fitur ISS Bisa Bikin Motor Matic Jadi Irit Bensin , Mitos atau Fakta ?

Fakta mengenai ISS atau Idling Stop System pada sepeda motor matic yang memiliki fungsi untuk menghemat bahan bakar yang harus Anda ketahui.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.CO.ID - Sistem idle stop (ISS) merupakan salah satu fungsi lanjutan pada sepeda motor matic. Fungsi ini secara otomatis mematikan mesin jika sepeda motor matic berhenti lebih dari tiga detik.

Fitur ini menarik karena memudahkan pengemudi menghemat bahan bakar. ISS merupakan salah satu teknologi hebat yang menjadi bagian dari mesin eSP (Enhanced Smart Power), yang diklaim lebih bertenaga, hemat bahan bakar, dan ramah lingkungan.

Oleh karena itu, arsitektur mesin eSP banyak digunakan di sepeda motor matic, mulai dari Honda BeAT, Vario, PCX hingga ADV. Banyak orang bertanya mengapa ISS menghemat bahan bakar pada sepeda motor matic Honda?

Menghentikan Mesin Motor Matic Sementara

ISS, sesuai dengan namanya, memiliki fungsi mematikan mesin motor matic secara otomatis jika berhenti dalam waktu tiga detik. Kondisi ini sering terjadi terutama saat kendaraan sedang terjebak kemacetan atau berhenti di lampu merah.

BACA JUGA:Tips Sebelum Berkendara Jarak Jauh Mengendarai Sepeda Motor Matic

BACA JUGA:Penyebab Mesin Motor Matic Yamaha Lexi Mati Mendadak Lengkap dengan Solusi untuk Mengatasinya

 

Mesin motor matic akan berhenti sebentar, secara otomatis menghemat bahan bakar dan melindungi lingkungan.

Kemudian, jika pengemudi ingin terus melaju, yang harus dilakukan hanyalah berakselerasi secara normal dan mesin motor matic akan hidup kembali. 

Teknologi ISS ini pertama kali digunakan di Indonesia pada sepeda motor matic Honda PCX dan kemudian berkembang digunakan juga untuk sepeda motor matic Honda Vario, BeAT, dan Scoopy.

Untuk mengaktifkan fungsi ISS terletak pada tombol di stang kanan sepeda motor matic dan dinyalakan dengan menekan ke arah netral atau ke bawah.

BACA JUGA:Penyebab Mesin Motor Matic Honda Vario 150 Sering Mati Mendadak

BACA JUGA:Perawatan Rutin yang Wajib Dilakukan untuk Motor Matic Honda Giorno

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: