3 Tips Upgrade CVT Motor Matic Yamaha Fazzio Agar Tarikan Gas Lebih Enteng

3 Tips Upgrade CVT Motor Matic Yamaha Fazzio Agar Tarikan Gas Lebih Enteng

Mengenai beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengupgrade CVT motor matic Yamaha Fazzio jika Anda ingin sepeda motor matic Anda tarikannya lebih enteng.-Fahma Ardiana-

Semakin kecil kemiringannya, katrol motor maticnya akan semakin lurus atau curam. Akibatnya, posisi V-belt lebih rendah dan rasio antara pulley depan dan belakang berkurang, hal itu akan memudahkan akselerasi motor matic.

Namun jika kemiringannya terlalu curam, V-belt sepeda motor matic akan sulit didaki, jadi jangan dibuat terlalu curam. Tidak masalah jika berada dalam kisaran 13,8 derajat.

Tujuannya untuk meningkatkan gaya kompresi pada V-belt pengganti rantai pada sepeda motor matic dengan cara mengganti pulley itu sendiri.

Tekanan yang tepat memaksimalkan kinerja V-belt sepeda motor matic tanpa menyebabkan selip atau membuang tenaga mesin motor matic.

2. Kerok Jalur Roller

Ukuran roller bervariasi menurut kendaraan sepeda motor matic dan berkisar antara 8 gram hingga 18 gram. Katrol standar sepeda motor matic Yamaha Fazzio memiliki berat 14 gram.

BACA JUGA:Mau Beli Motor Matic Honda Beat eSP Tapi Bingung Pilih Varian yang Mana? Begini Tips Menentukannya

BACA JUGA:Biar Boncengan Makin Mesra, Ini Harga Motor Matic Nyaman yang Wajib Dibeli! Mulai Rp 8 Jutaan

Menggantinya dengan katrol yang lebih ringan akan memudahkan penarikan sepeda motor matic Yamaha Fazzio.

Menurut berbagai sumber, tergantung ukurannya, ganti roller untuk meningkatkan kecepatan tertinggi atau untuk menyerap akselerasi sepeda motor matic.

Anda juga dapat meningkatkan langkah roller dengan melakukan milling pada rel rumah roller sepeda motor matic. Jika Anda mencukur tepi roller conveyor, maka akan menjadi lebih panjang. 

Roller yang mampu menempuh jarak jauh dapat meningkatkan performa sepeda motor matic. Hal tersebut bisa Anda lakukan jika ingin membuat tarikan sepeda motor matic Yamaha Fazzio menjadi lebih enteng.

3. Melubangi Mangkok Kampas Ganda

Modifikasi yang dapat dilakukan pada motor matic Yamaha Fazzio yang terakhir, yaitu ada pada wadah kampas ganda, dengan membuat lubang seperti ventilasi pada wadahnya, agar kotoran yang dihasilkan oleh gesekan cangkang kain ganda dapat cepat keluar. 

Tujuannya untuk meredam panas pada mesin sepeda motor matic, menghilangkan kotoran, serta mencegah mesin sepeda motor matic bunyi berdecit dan jadi tidak mudah terpeleset.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: