Tingkatkan Kinerja ASN, Pemkab Cilacap Terapkan Program Cilacap ASN Corpu

Tingkatkan Kinerja ASN, Pemkab Cilacap Terapkan Program Cilacap ASN Corpu

Ahmad Nurlaely saat memaparkan program Cilacap ASN Corpu,-Ahmad Nurlaely untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Cilacap mulai menerapakan Cilacap Corporate University (C - Corpu) bagi para ASN di lingkup Pemkab Cilacap.

Dimana melalui Cilacap ASN Corpu tersebut akan mampu meningkatkan Indeks Profesionalitas ASN, meningkatkan Indeks Sistem Merit, serta Indeks NSPK Manajemen ASN yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Cilacap.

Cilacap ASN Corpu tersebut mendasari pada UU Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN, dan secara teknis memedomani Peraturan Lembaga Adminstrasi Negara Nomor 6 Tahun 2023, serta Keputusan Kepala Lembaga Administrasi Negara nomor 306/K.1/HKM. 02.2/2024

Achmad Nurlaeli selaku Staf Ahli Bupati Cilacap Bidang Kemasyarakatan dan SDM dan juga inisiator Proyek Perubahan dengan judul "Strategi Koordinasi Implementasi Corporate University (Corpu) untuk Mewujudkan Organisasi Pembelajar di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Cilacap" menjelaskan, ASN Corpu akan berisikan pengembangan kompetensi dengan pembelajaran formal, sosial, maupun eksperiensial yang akan menunjang pencapaian tujuan organisasi.

BACA JUGA:Dua Kecamatan di Kabupaten Cilacap Mengalami Kekeringan Parah

BACA JUGA:Kasus Dugaan Korupsi Persewaan Alat Berat di UPT Perbengkelan, Kejari Cilacap Tetapkan 2 Tersangka

"Para ASN akan dapat mengembangkan kompetensi terintegrasi, yang diyakini akan memberikan dampak pada penanganan isu-isu strategis daerah," katanya, Jumat (30/8/2024).

Menurutnya, di dalam program tersebut terdapat 7 elemen penyelenggaraan.

Yaitu Struktur Cilacap ASN Corpu, Manajemen Pengetahuan, Forum Pembelajaran, Sistem Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Teknologi Pembelajaran, dan Integrasi Sistem.

"Kemudian secara struktural terdiri atas dewan pengarah pembelajaran, yang terdiri dari Bupati, Wakil Bupati, Sekda, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Kepala Bappeda, dan Kepala BKPSDM," jelasnya.

Selain itu terdapat tim pelaksana yang terdiri dari Kepala BKPSDM selaku Chief Learning Officer atau Koordinator Pembelajaran, dan ketiga Asisten Sekda selaku Chief Group Skill atau Koordinator Kelompok Keahlian.

"Terdapat 3 kelompok keahlian dengan masing-masing OPD di Lingkungan Pemkab Cilacap, dan sejumlah unit kerja Setda Kabupaten Cilacap. Antara lain Kelompok Keahlian Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kelompok Keahlian Perekonomian dan Pembangunan, serta Kelompok Keahlian Administrasi Umum," tandasnya.

Bahkan saat ini, pembelajaran formal, sosial dan eksperensial sudah dilakukan dengan studi tour ke BKPSDM Provinsi Bali, serta pada saat bimbingan di tempat kerja bagi pegawai baru di lingkungan BKPSDM Kabupaten Cilacap. 

"Yang pasti pembelajaran lainnya akan terus diperkaya dan dikembangkan dalam lingkup Cilacap ASN Corpu," pungkasnya. (jul/ads)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: