Penanganan Longsor Dilanjut Dengan Beton Tebing Klawing

Penanganan Longsor Dilanjut Dengan Beton Tebing Klawing

Tebing Klawing yang longsor parah dan sedang diupayakan penanganan permanen.-Dok Amarullah Nurcahyo/Radarmas-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWS SO) Yogyakarta sudah membahas penanganan lanjutan longsornya tebing Sungai Klawing di Purbalingga. Penanganan itu bakal menelan anggaran Rp 28 miliar lebih.

Asisten 2 Sekda Purbalingga Mukodam menjelaskan, realisasi diupayakan tahun ini. Namun masih terus dibahas teknis pelaksanaannya. "Secara teknis jelas BBWS SO. Intinya sudah disiapkan penanganan permanen," katanya, Kamis 6 Juni 2024.

Mukodam menambahkan, penanganan permanen masih dibahas cermat karena menyangkut anggaran pemerintah pusat melalui BBWS SO. Kemudian satker yang terlibat dalam pelaksanaannya.

Kepala Bidang Sumberdaya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) Kabupaten Purbalingga, Buang Sudirman menjelaskan, penanganan permanen akan ada pembetonan tebing Sungai Klawing.

BACA JUGA:Longsor Klawing Ditangani dari Hulu

BACA JUGA:Penanganan Permanen Tebing Klawing Bancar Mulai Ada Titik Terang

"Arus Klawing akan dinormalkan dan ketika menghantam tebing akan lebih aman," katanya.

Saat penanganan permanen rampung, maka alur sodetan akan dibiarkan secara alami. Kalau akan diratakan lagi juga bisa dan kemungkinan akan diratakan dengan alat berat.

"Semoga bisa tahun ini terealisasi. Jadi ancaman akan semakin berkurang dan lingkungan normal lagi," katanya.

Diberitakan sebelumnya, tebing di aliran Sungai Klawing wilayah Purbalingga longsor karena tergerus aliran sungai. Beberapa rumah rusak dan terancam hilang. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: