Waspada Gelombang Tinggi di Perairan Selatan Cilacap Akhir Pekan Ini

Waspada Gelombang Tinggi di Perairan Selatan Cilacap Akhir Pekan Ini

Kondisi perairan selatan Cilacap. -DOK RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan gelombang tinggi berpeluang terjadi di perairan selatan Cilacap akhir pekan ini. 

Untuk itu, pihaknya menghimbau wisatawan di  untuk tetap waspada. Selain itu, para nelayan di wilayah pesisir selatan Cilacap juga diminta untuk mengutamakan keselamatan saat melaut.

Dikatakan Rendi Krisnawan, Prakirawan Meteorologi BMKG Tunggul Wulung Cilacap, gelombang berpotensi dengan ketinggian mencapai 1,25-2,5 meter. Wilayah-wilayah tersebut tersebar di berbagai perairan, mulai dari Samudra Hindia hingga Laut Arafuru.

"Wisatawan harus tetep berhati-hati bila berlibur ke pantai," katanya.

BACA JUGA:Bikin Panik, Ular Sepanjang 1 Meter Masuk Atap Kelas SMAN 1 Kroya

BACA JUGA:Jelang Idul Adha, Hewan Kurban di Kabupaten Cilacap Dipastikan Sehat

Pihaknya mengimbau agar masyarakat tidak perlu panik dan khawatir berlebihan. Dijelaskan bahwa meski terjadi, gelombang tinggi tersebut tidak terlalu ekstrem.

"Untuk wisatawan saat bermain ke pantai agar tidak mandi di laut dulu. Karena dapat membahayakan. Apalagi jika ketika air laut pada posisi pasang naik. Tentunya ketinggian gelombang laut akan semakin signifikan dan membahayakan," katanya.

BMKG memperkirakan cuaca untuk wilayah Selatan umumnya berawan. Angin bertiup dari arah timur ke tenggara dengan kecepatan 6-25 knot.

"Untuk jasa kelautan juga jangan lupa untuk mengutamakan keselamatan dan menggunakan pelampung," ujar Rendi. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: