Banner v.2
Banner v.1

Kawasaki KLX 110 RL vs Honda CRF 150 L mana yang lebih gahar ?

Kawasaki KLX 110 RL vs Honda CRF 150 L mana yang lebih gahar ?

Kawasaki KLX 110--

RADARBANYUMAS.CO.IDMotor trail adalah jenis sepeda motor yang dirancang khusus untuk melewati medan off-road atau medan berat seperti jalan berlumpur, berbatu, dan tidak rata. Ciri khas Motor trail adalah ban kasar dengan pola seperti pacul atau bergerigi, torsi besar, dan rangka yang kuat.

Berikut ini perbandingan dua Motor trail ringan dari Kawasaki dan Honda, yaitu KLX 110RL dan CRF 150L, mulai  performa, fitur, handling, hingga opini pengguna nyata. 

1. Spesifikasi Mesin dan Performa

Kawasaki KLX 110RL

KLX 110RL mengusung mesin 110 cc, 4‑tak, SOHC, dengan gearbox manual 4‑speed. Torsi dan tenaga pastinya lebih kecil dibanding CRF, tapi bobotnya super ringan—ideal untuk pemula atau anak kecil. Top speed KLX 110 biasanya mencapai kisaran 60–70 km/jam (40–45 mph) pada versi normal, namun beberapa pengguna menyebut kalau motornya cuma sanggup hingga ~20 mph jika dibatasi dari pabrik 

Honda CRF 150L

CRF 150L menggendong mesin 149.15 cc, 4‑tak, SOHC, injeksi PGM‑FI, dengan transmisi 5‑speed. Tenaganya mencapai 12.9 PS @8.000 rpm dan torsi 12.43 Nm @6.500 rpm Performanya cukup galak di kelas 150 cc—top speed sekitar 103–113 km/jam .

Untuk mesin dan performa CRF 150L jelas unggul soal power dan kecepatan dibanding KLX 110RL—mesin 150 cc vs 110 cc, injeksi vs karburator, plus top speed & akselerasi yang garang.

2. Bobot, Dimensi & Handling

Kawasaki KLX 110RL

Desain KLX 110RL fokus ringan dan fun. Bobot ringan bikin handling mudah, terutama untuk pemula dan anak-anak. Namun karena bobot ringan, kestabilannya di kecepatan tinggi kadang agak goyang.

Honda CRF 150L

CRF 150L memiliki bobot kosong sekitar 122 kg dengan tinggi tempat duduk 869 mm, ground clearance 285 mm, dan wheelbase 1.375 mm Suspensi USD 37 mm depan dan Pro‑Link belakang memberikan kenyamanan dan kemampuan melibas medan. Cocok untuk rider dewasa bertinggi sedang sampai tinggi, tapi mungkin agak kekecilan untuk pemula atau anak kecil.

3. Suspensi dan Kaki‑kaki

KLX 110RL fokus ke fun dan ringan, suspensinya basic sesuai harga dan segmen trail pemula.

CRF 150L dibekali upside-down fork 37 mm stroke 225 mm dan monoshock Pro‑Link travel 207 mm serta rem cakram depan 240 mm belakang 220 mm—cukup mumpuni di off-road ataupun kecepatan sedang di jalan.

4. Fitur & Teknologi

CRF 150L sudah menggunakan sistem injeksi PGM‑FI—lebih responsif, stabil di tanjakan, tidak perlu trim karburator. Lampu depan LED, speedometer digital, dan rangka semi double cradle.

KLX 110RL biasanya masih pakai karburator, belum ada fitur modern seperti injeksi, minimal speedometer analog klasik. Simpel tapi fungsional.

5. Harga dan Value

KLX 110RL biasanya harga pada segmen entry-level trail untuk anak/pemula—lebih murah.

CRF 150L dibanderol sekitar Rp 31,8 – 38,8 juta (OTR Jakarta) tergantung varian dan tahun 

Jelas, CRF menawarkan performance dan fitur lebih lengkap—harganya pantas lebih tinggi. KLX cocok jika budget minimal dan untuk penggunaan ringan atau anak-anak.

6. Opini Pengguna & Kelebihan/Kekurangan

Kawasaki KLX 110RL

Penggemarnya bilang motor ini “mesin tahan banting, cocok untuk belajar off-road dan upgrade part after-market mudah” . Namun top speed bisa dibatasi pabrik, dan cocok untuk pemula.

Honda CRF 150L

Reddit dan forum Asia menyebut CRF 150L “ringan, cukup tangguh, suspensi dan injeksinya oke, ringan untuk pemula” . Tapi juga ada masukan soal build quality yang terkadang tidak konsisten—welding bisa cepat berkarat, suspensi terlihat ‘murahan’, dan pemakaian harian bisa panas dan bikin capek saat macet .

7. Mana yang Lebih “Gahar”?

Power & performa jalan/off-road → CRF 150L menang: mesin lebih besar, injeksi, suspensi lebih baik.

Bobot ringan & gampang dikendarai pemula → KLX 110RL menang: cocok untuk anak atau newbie.

Fitur dan teknologi modern → CRF 150L menang: injeksi, LED, digital panel.

Budget minimal → KLX 110RL lebih terjangkau.

Jadi kalau definisi "gahar" kamu ke performa dan sensasi motor besar, CRF 150L lebih layak. Tapi kalau buat belajar, fun di trek ringan, atau untuk anak, KLX 110RL masih nomor 1 di segmennya.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber: