Modifikasi Motor Matic Yamaha: Gaya Hidup Anak Muda yang Tetap Aman & Legal
Yamaha Aerox Modifikasi.-istimewa-
BACA JUGA:Motor Matic Yamaha NMAX 2025, Motor Harian Paling Nyaman dan Irit BBM!
Di bagian lampu, pemilik sepeda motor matic lebih mengedepankan gengsi. Sebab, modifikasi pada lampu ini mengadopsi dari modifikasi pada mobil.
Untuk modifikasi ban dan pelek sepeda motor matic, menurutnya dalam hal ini ada dua kubu, yakni pencinta ring 17 inci dan Indo Concept yang merupakan pencinta ban donat (proper look).
"Saya mengamati untuk modifikasi di motor matic ada dua kubu. Yaitu pencinta ring 17 yang sebenarnya sudah lama dan sekarang dikombinasi dengan pelek CNC dan satunya Indo Concept yang menginginkan motor yang proper look. Makanya di Indo Concept ini mereka menggunakan pelek yang lebih lebar dan menggunakan ban donat, kalau matik biasanya pakai 2.15/190," imbuh Gery yang juga sebagai General Manager di ARM Salatiga ini.
Sebagian sepeda motor seperti Yamaha Aerox menjadi obyek yang pas untuk dijadikan motor yang proper look ini. Bahkan dengan sentuhan modifikasi ringan pun, sepeda motor matic premium ini sudah terlihat lebih keren.
BACA JUGA:Motor Matic Yamaha Fazio, Skutik Hybrid Keren yang Bikin Gen Z Makin Stylish di Jalan
Sedangkan untuk modifikasi aksesoris, pengguna cenderung menambahkan aksesoris, misalnya cover master rem, cover radiator, dan sebagainya agar sepeda motor terlibat lebih bagus dan beda.
Modifikasi Fungsional dan Modifikasi Estetika
Modifikasi fungsional adalah pengubahan atau penambahan pada komponen yang mengutamakan fungsi. Misalnya upgrade rem cakram yang meliputi master rem (ada yang 2 pot 4 pot, dll) dan piringan/cakram itu sendiri.
Di sisi lain, ada yang memodifikasi atau mengganti shock breaker menjadi upside-down agar suspensi bisa disetel.
Sedangkan modifikasi estetika adalah modifikasi yang hanya menginginkan sepeda motor matic lebih terlihat lebih cantik dan unik, misalnya mengubah warna dengan pengecatan.
BACA JUGA:Spesifikasi Motor Matic Yamaha Fino 125 Blue Core, Irit Bensin dan Bergaya Skena
Berikut tips modifikasi sepeda motor matic yang aman dan anti-tilang:
- 1. Pahami dan sesuaikan dengan peraturan seperti UU No. 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan serta PP No. 55/2012 tentang Kendaraan.
- 2. Gunakan suku cadang dan komponen dengan Standar Nasional Indonesia (SNI).
- 3. Pastikan sepeda motor yang dimodifikasi tetap wajar. Misalnya dari segi dimensi, tidak melebihi standar keluaran pabrik.
- 4. Gunakan knalpot yang tidak menimbulkan kebisingan. Sesuai peraturan, sepeda motor dengan kapasitas mesin 80-175 cc, batas kebisingannya maksimal 80 dB. Sedangkan sepeda motor dengan kapasitas mesin di atas 175 cc, batas kebisingannya maksimal 83 dB.
- 5. Gunakan lampu sewajarnya. Bagi yang menggunakan modifikasi lampu tembak yang sangat terang, demi menjaga kenyamanan bersama jangan menyalakan jika tidak diperlukan. Karena lampu yang terlalu terang bisa membahayakan pengendara lain dari arah berlawanan.
"Kalau mau pakai buat pakai modifikasi harian, pahami peraturan-peraturannya agar tidak kena tilang. Untuk modifikasi ekstrem misalnya untuk kontes sebaiknya tidak dipakai untuk harian," imbuh Gery.
Bagian apa saja yang bisa dimodifikasi tanpa melanggar peraturan? Gery mengatakan cukup banyak. Misalnya bodi yang bisa dijadikan obyek kreasi cutting sticker. Dengan pemilihan tema yang pas, sepeda motor akan tampil lebih ciamik.
BACA JUGA:Inilah Motor Matic Yamaha Augur yang Harganya Lebih Mahal dari NMAX Turbo
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber:


