Permintaan Ikan Air Tawar di TPI Mulai Tinggi, Harga Masih Stabil

Minggu 09-04-2023,13:47 WIB
Reporter : Aditya Wisnu Wardana
Editor : Indri Agustina

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Tempat Penjualan ikan (TPI) Purbalingga ramai pembeli di bulan Ramadan ini. Permintaan ikan ait tawar dari konsumen naik pada bulan Ramadan ini.

Per hari penjual ikan air tawar di TPI Purbalingga mampu menjual ikan hingga 1,3 kuintal pe hari.

Hal itu disampaikan oleh salah satu pedagang ikan air tawar di TPI Purbalingga, Usman, Minggu, 9 April 2023. 

Dia menjelaskan, permintaan ikan air tawar akan semakin naik menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Hal itu, juga diikuti naiknya harga jual ikan air tawar.

"Biasanya kenaikan harga ikan H-2 dari Hari Raya Lebaran (Hari Raya Idul Fitri 1444 H, red). Kalau sekarang masih relatif stabil harganya," jelasnya.

Dia mengungkapkan, saat ini, harga ikan air tawar rata-rata masih stabil. "Ikan nila dijual Rp 45 ribu per kilogram, ikan lele dijual Rp 25 ribu per kilogram, serta ikan Gurameh Rp 65 ribu per kilogram," ungkapnya. 

Usman mengatakan, saat imi per haru bisa menjual ikan sebanyak 1,3 kuintal. "Paling banyak dibeli oleh para pedagang warung makan," katanya.

Sedangkan salah satu pembelian dari Purbalingga Kidul, Lintang mengatakan lebih suka membeli di TPI daripada di tempat lain. Hal ini dikarenakan harganya yang standar dan cenderung murah dibandingkan yang lain. 

Selain itu juga bisa langsung di bersihkan, dan bisa juga di filet oleh petugas yang ada di TPI Purbalingga.

" Kalau tidak mau repot-repot masak, disini juga warung yang mau masakin. Jasa masaknya pun sangat terjangkau. Hanya Rp 22 ribu sudah matang plus bonus lalapan dan sambalnya," imbuhnya. (tya)

Kategori :