5 Kelemahan Motor Listrik Alva N3, Body Besar dengan Top Speed Hanya 70 KPJ

Rabu 25-09-2024,08:53 WIB
Reporter : Okta Novanto
Editor : Puput Nursetyo

Untuk pengendara yang sering menghadapi jalan-jalan sempit di perkotaan atau kawasan padat, bodi besar Alva N3 bisa menjadi tantangan tersendiri.

3. Waktu Pengisian Daya yang Lama

Seperti kebanyakan motor listrik, Alva N3 memerlukan waktu pengisian daya yang cukup lama dibandingkan dengan proses pengisian bahan bakar di motor konvensional. 

Pengisian daya baterai motor listrik ini bisa memakan waktu beberapa jam, tergantung pada kapasitas baterai dan jenis charger yang digunakan. Hal ini bisa menjadi kurang praktis, terutama bagi pengendara yang memiliki mobilitas tinggi dan tidak bisa menunggu lama untuk mengisi daya. 

Selain itu, pengendara juga harus lebih cermat dalam merencanakan perjalanan agar tidak kehabisan baterai di tengah jalan.

BACA JUGA:Spesifikasi Migo Electric yang Menjadi Motor Listrik Murah di Kelasnya

BACA JUGA:6 Keunggulan Migo Electric: Motor Listrik Murah di Kelasnya

4. Jarak Tempuh yang Terbatas

Meskipun Alva N3 hemat energi dan ramah lingkungan, jarak tempuh motor listrik ini masih terbatas, terutama jika dibandingkan dengan motor berbahan bakar bensin yang bisa menempuh jarak lebih jauh hanya dengan sekali pengisian bahan bakar. 

Jarak tempuh Alva N3 sangat bergantung pada penggunaan dan kondisi jalan. Ini menjadi kekurangan bagi mereka yang sering melakukan perjalanan jarak jauh, karena pengisian daya tidak sepraktis mengisi bensin di SPBU. 

Untuk perjalanan panjang, pengendara harus merencanakan waktu dan tempat untuk mengisi ulang baterai, yang bisa memakan waktu dan menyebabkan keterlambatan.

5. Infrastruktur Pengisian yang Masih Terbatas

Salah satu tantangan besar bagi pengguna motor listrik seperti Alva N3 adalah terbatasnya infrastruktur pengisian daya di Indonesia. 

BACA JUGA:6 Kekurangan Migo Electric yang Menjadi Motor Listrik Murah di Kelasnya

BACA JUGA:Kekurangan Tersembunyi Motor Listrik 2 Baterai: Dampak pada Bobot dan Manuver

Meskipun penggunaan motor listrik semakin meningkat, stasiun pengisian daya khusus masih belum tersebar luas di seluruh wilayah, terutama di kota-kota kecil dan daerah pedesaan. 

Kategori :