Jadwal Keberangkatan Haji 2023 Tinggal 6 Bulan Lagi, Perketat Pemeriksaan Kesehatan

Jadwal Keberangkatan Haji 2023 Tinggal 6 Bulan Lagi, Perketat Pemeriksaan Kesehatan

Calon jemaah haji Banyumas saat proses pemberangkatan di area GOR Satria Purwokerto. (Yudha Imam P/Radar Banyumas)--

PURWOKERTO - Dinkes Banyumas mengingatkan rekan-rekan di Puskesmas bahwa waktu penyelenggaraan pemeriksaan kesehatan haji tahun 2023 di akhir Desember tahun ini sudah kurang dari enam bulan.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Banyumas, dr Arif Sugiono mengatakan sepengetahuannya jemaah haji tahun 2023 berangkat di pertengahan atau awal bulan Mei.

"Artinya jika mengacu bahwa pemeriksaan kesehatan tahap II maksimal dilaksanakan enam bulan sebelum keberangkatan waktunya kita sudah mepet dengan penyelenggaraan haji," katanya.

dr Arif menjelaskan haji sebagai program, tidak akan pernah berhenti. Dua poin yang dibahas terkait persiapan kesehatan haji mulai dari pemeriksaan dan pembinaan. Dua poin tersebut belum terkait dengan berkas-berkas kesehatan seperti kartu Kesehatan Jemaah haji (KKJH) dan sertifikat Meningitis.

"Dicek kembali jemaah di masing-masing wilayah yang pelaksanaannya vaksinasi Meningitisnya sudah mendekati dua tahun dan yang melewati dua tahun pada saat keberangkatan haji tahun depan segera dilaporkan ke operator haji Dinkes Banyumas," ingat dia.

Adapun data porsi aman calhaj Banyumas tahun depan dari KanKemenag Banyumas yang sudah dibreakdown ke puskesmas juga mulai diperhatikan. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: