Keren, Mahasiswa Sastra Inggris UMP Presentasi di Ankara Turki

Keren, Mahasiswa Sastra Inggris UMP Presentasi di Ankara Turki

Fauziyah, mahasiswa semester 5 Fakultas Ilmu Budaya dan Komunikasi (FIBK), Program Studi Sastra inggris, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), berhasil mempresentasikan makalahnya di Konferensi Internasional di ibukota Turki pada 18-19 November 2022 -HUMAS UMP UNTUK RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Fauziyah, mahasiswa semester 5 Fakultas Ilmu Budaya dan Komunikasi (FIBK), Program Studi Sastra inggris, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), berhasil mempresentasikan makalahnya di Konferensi Internasional di ibukota Turki pada 18-19 November 2022 lalu. 

Acara yang bertajuk “Third Siirt Conference on Scientific Research” digelar oleh Universitas Siirt, Turki. 

Mahasiswa Sastra Inggris UMP Fauziyah mengatakan ia bersama timnnya telah menyajikan makalah mengenai penggunaan bahasa di sekitar kampus UMP—khususnya pilihan dan gaya bahasa yang digunakan untuk “menjual” barang atau jasa di area kampus dengan karakter komunitas atau pasar yang spesifik. 

“Komunitas itu muda, milenial, dinamis, dan generasi mobile. Makalah awalnya hanya menjadi bagian dari tugas kelompok di Mata Kuliah Linguistic Landscape. Bersama timnya Mbak Bintang (Semester VII), karena Mata Kuliah ini memang dialokasikan di semester tersebut,” jelasnya. 

Diceritakan, Fauzia sempat merevisi beberapa kali sebelum akhirnya mengumpulkan draft akhir, dan disarankan oleh dosen pengampu untuk mengirimkan abstrak ke acara tersebut. 

“Awalnya hanya sekedar mencoba, karena konferensi tersebut tidak secara khusus mengangkat tema bahasa. Selain itu, tidak ada risiko juga untuk “nguji awak” (red. Uji diri) dikarenakan acara tersebut juga “free”. Maka, dikirimkanlah abstraknya itu, yang langsung dijawab dua hari kemudian dan dinyatakan “Accepted” oleh panitia,” jelasnya.  

Sementara itu, Dosen pembimbing Khristianto SS Mhum menjelaskan nama mereka beserta judul makalahnya tertera di antara penyaji paralel yang mayoritas dari kampus-kampus Turki dan luar negeri dengan tema yang beragam.

“Tentu, kepesertaan mereka dalam konferensi internasional betul-betul Internasional—semacam ini pasti akan menjadi poin yang cukup besar bagi hasil akhir dari mata kuliah tersebut,” pungkasnya.(krs/tgr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: