Ratusan Penghayat Desa Ujung Gagak Cilacap Doakan Ganjar, Minta Agar Diberi Kelancaran Memimpin Jateng

Ratusan Penghayat Desa Ujung Gagak Cilacap Doakan Ganjar, Minta Agar Diberi Kelancaran Memimpin Jateng

Ratusan penghayat Desa Ujung Gagak, Kecamatan Kampung Laut, Kabupaten Cilacap mendoakan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Jumat (5/8/2022).-AJI BUSTOMI UNTUK RADARMAS-

RADARBANYUMAS, CILACAP - Ratusan penghayat Desa Ujung Gagak, Kecamatan Kampung Laut, Kabupaten Cilacap mendoakan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Jumat (5/8/2022).

Doa berlangsung khusyuk dan khidmat di lokasi keramat.

Ritual doa dimulai dari tetabuhan gending gamelan mengiringi tembang "Lir Ilir".

Sebanyak 500 warga berpakaian adat, berjalan kaki dari titik awal menuju jembatan, tempat belasan sampan atau perahu, yang siap mengantar ke lokasi.

BACA JUGA:Kebakaran Ruko Semi Permanen di Purbalingga, Ibu dan Anak Meninggal Terpanggang

Lokasi doa bersama memang terpisah sungai dari pemukiman. Di bawah terik matahari, sampan-sampan itu beriringan menempuh perjalanan sekira 10 menit.

Ya, lokasi yang disebut warga sebagai Makam Mbah Jongor Tambak itu masih alami, bersemak dan pohon-pohon rindang. Hanya ada jalan setapak dan tempat pembakaran kemenyan. 

Tiga juru kunci, yakni Mbah Mujiono, Mbah Darto Waluyo, dan Mbah Suwarno membuka ritual dengan "Uluk Salam" kepada nama-nama yang diyakini sebagai wasilah doa. Sembari itu, kemenyan dinyalakan.

Lalu, di puncak acara dilakukan doa bersama yang dipimpin oleh Mbah Kodirun, tokoh masyarakat setempat.

BACA JUGA:Begini Kronologis Ibu dan Anak Terpanggang di Purbalingga

"Tadi mendoakan supaya Pak Ganjar diberi keselamatan dan kelancaran dalam memimpin wilayah Jawa Tengah," ujar Kodirun usai acara.

Kegiatan doa bersama itu, lanjutnya, adalah inisiasi dari warga sendiri. Hal itu lantaran Ganjar Pranowo dinilai mampu memberikan rasa keadilan selama memimpin Jawa Tengah.

"Kegiatan tadi itu memang dari warga karena punya rasa sayang ke Pak Ganjar, yang saat ini masih memimpin Jawa Tengah. Ya, karena Pak Ganjar punya keadilan. Contoh bantuan PKH lantaran dari pusat. Bantuan lain seperti Banprov dan Bansos alhamdulillah wilayah sini sudah menerima," ungkapnya.

Bukan hanya didoakan diberi kekuatan dalam menuntaskan tanggung jawab sebagai Gubernur, Ganjar juga didoakan bisa menjadi Presiden mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: